Working Hours
07:00 - 15:30 WIB
CONTACT US
VIA WHATSAPP

Lokasi Diving Terbaik di Indonesia, Surga bagi Para Penyelam

Lokasi Diving Terbaik di Indonesia

Perairan di berbagai daerah di Indonesia menawarkan keindahan bawah laut yang beragam. Ada banyak spot diving yang bisa anda pilih. Berikut beberapa rekomendasi lokasi diving unggulan di Indonesia. 

Wakatobi

Wakatobi memang tekenal memiliki keindahan perairan yang mempesona. Bahkan Wakatobi disebut sebagai surganya para penyelam untuk snorkeling. Ada empat pulau yang bisa anda kunjungi disini, yaitu Tomia, Kaledupa, Wangi-wangi, dan Binongko.

Perairan di Wakatobi masih alami dan jernih sehingga sangat memanjankan para penerang dan penyelam. Terdapat lebih dari 40 spot diving di Wakatobi. Spot yang populer, yakni Cornucopia, Coral Garden, House Reef, dan Rome. Penyelam dapat menikmati beragam biota laut, mulai dari terumbu karang dan spesies ikan. 

Derawan

Salah spot diving terbaik di Indonesia adalah di Kepulauan Derawan. Lokasi diving Derawan sangat populer bagi wisatawan mancanegara. Pulau ini berada di lokasi terpencil di Pulau Kalimantan. 

Ada beberapa spot diving terbaik di Kepulauan Derawan, yaitu Maratua, Nabucco, Bakungan, dan Nunukan. Di perairan ini, penyelam dapat menikmati berbagai hewan laut berukuran besar dan kecil. Terdapat 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang di perairan Derawan.

Raja Ampat

Lokasi diving terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Raja Ampat. Raja Ampat adala kepulauan yang terletak di bagian paling barat Papua. Raja Ampat memang terkenal sebagai lokasi yang menawarkan wisata keindahan alam laut yang menakjubkan. 

Raja Ampat bahkan disebut sebagai kepingan surga di timur Indonesia. Di Raja Ampat, terdapat lima spot diving terbaik, yaitu Cross Wreck, Selat Dampier, Blue Magic, dan lainnya. 

Kepulauan Alor

Lokasi diving terbaik lainnya masih dari Indonesia bagian timur, yaitu Kepulauan Alor. Kepulauan Alor terletak di sebelah timur Flores, Nusa Tenggara Timur. Kepulauan ini menawarkan keindahan laut yang mempeson. Terdapat hampir 50 spot diving yang bisa ditemukan di sini. 

Spot diving di Kepulauan Alor tersebar sampai ke Pulau Pantar dengan level kesulitan yang berbeda-beda. Penyelam dapat menikmati perairan yang jernih dan pemandangan beragam biota laut di dalamnya. 

Pulau Tulamben

Pulau Tulamben menawarkan wisata diving yang unik berbeda dari spot lainnya. Wisata diving Tulamben berada di Pantai Tulamben, Bali. Lokasi ini menawarkan diving melihat bangkai kapal Liberty US Army Transport. 

Penyelam di spot diving Tulamben dapat menikmati penampakan bangkai kapal bersejarah yang karam pada masa Perang Dunia II. Untuk mencapai spot ini, penyelam harus naik perahu sejauh 25 meter dari pantai. Di sini, penyelam juga dapat menikmati berbagai biota laut, seperti paus hiu, hiu martil, dan ikan mola-mola. 

Karimun Jawa

Lokasi diving terbaik Indonesia juga bisa ditemukan di perairan Pulau Jawa, yaitu Karimun Jawa. Tedapat 27 pulau di wilayah Karimun Jawa. Di sini terdapat banyak spot diving dan snorkeling yang bisa dinikmati wisatawan. 

Untuk sampai ke Karimun Jawa, wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal dari Pantai di Jepara atau Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Perairan Karimun Jawa menawarkan keindahan alam laut yang masih alami dan beragama biota laut unik di dalamnya. 

 

sumber: https://voi.id/olahraga/225069/lokasi-diving-terbaik-di-indonesia